Bantu UKT 410 Ribu Mahasiswa, Kemendikbud Alokasikan Rp 1 Triliun

editor -8 views

JAKARTA | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 triliun guna membantu pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) (uang semesteran) mahasiswa.

“Kami merealokasi sekitar Rp1 triliun untuk bantuan UKT mahasiswa, terutama yang di swasta,” sebut Nadiem dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi X DPR RI, Kamis (27/8).

Kata Nadiem, jumlah tersebut digunakan untuk membantu UKT 410 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia. “Yang sekarang lagi disalurkan,” ucapnya.

Pihaknya mengaku akan mempercepat penyaluran tersebut dengan mensosialisasikan ke berbagai macam perguruan tinggi. “Tapi alokasi dana itu sudah di-secure,” katanya.

Merespons tuntutan mahasiswa soal relaksasi pembayaran UKT, Nadiem menyebut perguruan tinggi tak usah khawatir melakukan itu karena Kemendikbud sudah menyediakan payung hukumnya.

“Di saat yang sama kita bantu UKT itu, kita mengeluarkan revisi Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020. Dan di sinilah yang kami tetapkan semua kerangka hukum dan mandat untuk semu PTN kita untuk melakukan pencicilan, penggratisan bagaimana melakukan penundaan pembayaran dan lain-lain,” bebernya.

“Jadi kerangka hukum yang kemarin banyak sekali bapak ibu rektor bilang saya ingin melakukan hal ini tapi mana ketentuan hukumnya supaya kami aman, kami merespons langsung dan mengeluarkan Permendikbud Nomor 25 tersebut,” pungkas Nadiem.(Nis)

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *