Buka Pendaftaran Paslon, KPU Medan Batasi Pengujung dan Siapkan Layanan Streaming

editor -24 views
Hari pertama KPU Kota Medan Buka Pendaftaran

Medan|MediatorPost: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah membuka pendaftaran calon pasangan Walikota dan Wakil Walikota selama 3 hari terhitung 4-6 September 2020. Menariknya, penyelenggaraan pilkada serentak di tengah musim Covid-19 itu tetap dilakukan pembatasan.

Bahkan untuk menjawab keinginan masyarakat pendukung menyaksikan pendaftaran pasangan yang dijagokan. KPU Kota Medan menyediakan layanan streaming melalui kanal Youtube Humas KPU Kota Medan , akun Instagram @kpukota_medan dan akun Facebook KPU Kota Medan.

Komisioner KPU Kota Medan M Rinaldi Khair mengatakan, untuk mengantisipasi keramaian dan konvoi para pendukung paslon. “Maka kami telah melakukan koordinasi terhadap pihak-pihak terkait,”katanya.

Kemudian Rinaldi juga mengatakan, bahwa KPU Kota Medan juga meminta agar Pasangan Calon (Paslon) tidak melakukan pengerahan massa secara besar-besaran atau konvoi saat pendaftaran.

“Kita meminta agarbpaslon tidak melakukan konvoi. Namun memang kita tidak bisa mencegah secara mutlak, jadi kita akan melakukan pembatasan di lokasi pendaftaran,” jelasnya saat konferensi pers di Kantor Jumat (28/8/2020).

KPU Kota Medan juga membatasi jumlah orang yang bisa masuk ke lokasi pendaftaran. “Kita batasi yang boleh masuk ke halaman. Pertama ketua dan sekretaris partai, lalu calon dan tim sukses maksimal 5 orang.  Biasanya itu yang mengurusi administrasi. Lalu anggota KPU dan media,” jelas Rinaldi.

Dalam menyahuti keinginan pendukung atau tim sukses paslon,KPU menyediakan  Layanan streaming dapat masyarakat saksikan melalui kanal Youtube Humas KPU Kota Medan, akun Instagram @kpukota_medan dan akun Facebook KPU Kota Medan.

Diterangkannya, KPU Kota Medan membuka pendaftaran Bakal Calon Wali dan Wakil Wali Kota Medan selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 4 hingga 6 September. Pendaftaran hari pertama dan kedua dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Pada hari terakhir, KPU membuka pendaftaran mulai dari pukul 08.00 hinga 00.00 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, pasangan Bobby Nasution-Aulia Rahman akan menjadi calon pertama yang mendaftar. Pasangan tersebut mendaftar selepas salat Jumat (4/9/2020).

Sementara itu pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dikabarkan akan mendaftar pada hari kedua, yaitu Sabtu (5/9/2020). Berdasarkan pantauan di lokasi pendaftaran, Jumat (4/9/2020), KPU telah mengatur posisi dan prosedur pendaftaran sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Kursi-kursi disusun berjarak dan disediakan tempat cuci tangan sebelum masuk lokasi pendaftaran. Sementara itu, jalanan terpantau lancar. (anto).

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *