Divisi PAD BUMD Batubara Kelola Parkir Pantai Bunga

oleh -44 views
Aparatur BUMD Batubara kutib retribusi
Aparatur BUMD Batubara kutib retribusi

Batubara|MediatorPost: Pengelolaan perparkiran wisata bahari alam laut Pantai Bunga yang lokasinya, di antara Desa Mesjid Lama Kecamatan Talawi dan Desa Bandar Rahmat Kecamatan Tanjung Tiram, telah beralih.

Kini, pengelolaan retribusi parkir tersebut resmi dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hal Itu dikatakan Kepala Divisi PAD Smart Parking BUMD PT Pembangunan Bhatera Berjaya Batubara Sugiarto, melalui Korlap Kecamatan Talawi, Khairil Aswat, Sabtu (31/20/2020).

Dijelaskannya, pengelolaan itu merupakan realisasi dari Surat Kesepakatan Bersama  Empat Organisasi Perangkat Daerah (SKB 4 OPD), yakni Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Pendapatan Daerah ( BPPRD) dan di dukung  PT Pembangunan Bhatera Berjaya.

Kemudian, lanjutnya, dalam rangka meningkatkan Pendapatan Aset Daerah (PAD) sebagaimana tertuang dalam surat kesepakatan (MoU) Smart Parking No. 550/1391/DISHUB/VII/2020. Maka pengelolaan smart parking juga bekerjasama dengan PRIMKOPAD.

Dia juga merinci, penanganan parkir merupakan  tindak lanjut Peraturan Bupati (Perbup) Batubara No 51 Tahun 2020 tentang penugasan BUMD PT PBB pengelolaan Smart Parking, tentunya demi menunjang pembangunan Kabupaten Batubara.

Khairil Aswat menjelaskan, dalam peningkatan PAD Kabupaten Batubara, perlu kerjasama seluruh unsur dan elemen masyarakat, sehingga bersinergi dalam membangun, menjaga dan menikmati hasil pembangunan-pembangunan itu sendiri.

Selanjutnya, Divisi PAD Smart Parking BUMD akan terus melakukan terobosan-terobosan, terutama dalam  perbaikan manajemen, sistem pengelolaan. “Yang tentunya tak terlepas dari andil dan  dukungan pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat,” ungkapnya.

Sekedar mengingatkan, tambah Khairil Aswat, demi kelancaran dan koordinasi Kamtibmas mengelola parkir, Tim Divisi PAD BUMD telah kunjungi Kapolsek Labuhan Ruku, Koramil 05 Tg Tiram dan Koramil 04 Talawi.

Saat kunjungan tersebut, Kapolsek Labuhan Ruku, AKP Mhd Iskad SH mengatakan, bahwa perlu kerjasama menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat, agar pengunjung dan investor mau datang ke Batubara.

Kapolsek juga mengimbau, agar Divisi PAD Smart Parking BUMD PT Pembangunan Bahtera Berjaya memberdayaan berbagai unsur atau elemen masyarakat, karena hal itu sangat penting dalam hal kearifan lokal pengelolaan aset daerah.

Di sisi lain, Syafrijal, salahsa satu dari beberapa pengunjung Pantai Bunga, kepada wartawan, mengatakan, sangat antusias terhadap objek wisata yang bersempadan dengan Kabupaten Batubara tersebut.

Sayangnya, lanjut Syafrijal, akses jalan menuju lokasi pantai sangat buruk dan kurang mendapat perhatian pemerintah setempat.

“Kita berharap pemerintah Kabupaten Batubara segara memperbaiki jalan menuju objek wisata ini. Kiranya hasil parkir nantinya, bisa digunakan membantu pembangunan jalan tersebut,” harapnya. (jas)

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *