Dunia Pendidikan Indonesia Darurat

editor -3 views

JAKARTA – Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, menyebut kegiatan pendidikan di Indonesia di tengah pandemi Covid-19 sebagai bentuk darurat pendidikan.

Syaiful beralasan pelajar dan mahasiswa tidak dapat belajar maksimal melalui pendidikan jarak jauh.

“Kita sedang menghadapi darurat pendidikan di Indonesia. Darurat pendidikan, karena anak-anak kita tidak maksimal bisa belajar,” kata Syaiful dalam sebuah diskusi, Sabtu (27/6).

Syaiful menuturkan pendidikan jarak jauh tersebut belum efektif karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum menyiapkan adaptasi kurikulum. Selain itu,

Syaiful juga menyebut tidak semua sekolah dapat menyelenggarakan pendidikan jarak jauh karena fasilitas sekolah yang tidak mencukupi atau orang tua murid tidak punya pulsa mengakses internet.

“Jadi banyak sekolah swasta yang kolaps, dari sekian ribu sekolah banyak yang kolaps karena orang tua tidak bisa membayar SPP dan sebagainya,” kata Syaiful.

Syaiful menambahkan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi juga dapat berpengaruh pada perkembangan gizi anak karena menurunnya penghasilan para orang tua. RED-WOl

Berikan Komentar