Eldin Banding, Putusan Bisa Lebih Berat

editor -6 views

MEDAN – Wali Kota Medan Nonaktif, Dzulmi Eldin yang divonis 6 tahun penjara mengajukan banding.Biasanya, hukuman itu biaa bertambah atau lebih berat.

“Tidak ada satu orang yang dapat menjamin putusan PT lebih rendah dari putusan PN, melihat dari beberapa upaya hukum banding yang dilakukan terdakwa tipikor, putusan Pengadilan Tinggi menghukum lebih berat walau ada beberapa putusan yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri,” jelas Pengamat Hukum dari Pusat Studi Hukum dan Pembeharuan Peradilan (PUSHPA) Nuriono kepada wartawan, Minggu.

Namun, Nuriono mengakui upaya banding itu menjadi haknya terdakwa (Eldin) yang dijamin dalam undang-undang.

“Upaya hukum banding biasanya diajukan karena terdakwa tidak sependapat dengan putusan hukuman yang dijatuhkan akibat dari pertimbangan hukum hakim yang keliru,” tuturnya.

Diketahui, Dzulmi Eldin dihukum selama 6 tahun penjara dan denda Rp500 juta dengan subsider 4 bulan kurungan, PN Medan juga menjatuhkan hukuman tambahan berupa hak politik Wali Kota Medan Nonaktif, Dzulmi Eldin, dicabut selama 4 tahun. Atas Putusan tersebut Dzulmi Eldin ajukan banding pada hari Rabu 17Juni 2020 lalu. RED-WOl

Berikan Komentar