Episentrum Penyebaran Covid-19 Bergeser ke Medan Area dan Denai

editor -4 views

MEDAN. Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan Medan sudah lama menjadi zona merah penyebaran Covid-19 dengan episentrum penularan bergeser dari Kecamatan Medan Tuntungan dan Medan Selayang ke Kecamatan Medan Area dan Medan Denai.

Dikatakannya, sejak Mei 2020, tingkat penularan sudah eksponensial dan penularan terjadi melalui warga yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

“Kondisi ini membuat psikologis masyarakat terganggu, terutama bagi warga yang positif terpapar Covid-19 sehingga membuat down,” jelas Ahyar saat meminta masukan dari civitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) soal penanganan pademi Covid-19 dan bahan untuk Perwal Walikota terkait Pedoman hidup berdampingan dengan Covid-19, Selasa (23/6/20).

Tidak itu saja tambah Akhyar, perekonomian pun terganggu sehingga melemahkan daya beli masyarakat. Kondisi itu yang menyebabkan dunia usaha di Kota Medan ikut terganggu.

Dia menambahkan tidak sedikit pengusaha yang menghentikan usahanya karena jumlah pembeli drastis menurun. Termasuk, perhotelan dan restoran yang harus menghentikan usahanya.

“Jika mereka buka, pengunjung yang datang sedikit sehingga tidak bisa menutupi operational cost (biaya) yang telah dikeluarkan,” ungkapnya.

Berikan Komentar