Gubsu : Terlambat Kita Kirim

editor -2 views

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengakui, penyerahan draft Kenormalan Baru atau New Normal kepada pemerintah pusat terlambat.

“Sebenarnya terlambat kita mengirimkannya ini, karena kabupaten dan kota terlambat membahasnya,” ujar Edy menjawab wartawan di Medan, Kamis.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Jum’at (26/6), akan menyerahkan konsep draft kr Menteri Kesehatan.

“Besok sudah diberangkatkan ke Jakarta ini,” kata dia.

Edy menjelaskan, seluruh kabupaten dan kota di Sumut telah mempelajari bagaimana isi dari draft tersebut, untuk diterapkan kepada masyarakat.

Kabupaten dan kota juga telah memberikan usulan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, apa-apa saja poin penting dalam penerapan pada kondisi daerah masing-masing

Akan tetapi, dirinya berharap Kenormalan Baru ini dapat diterapkan pada Juli mendatang, agar perekonomian masyarakat dapat terdongkrak.

Sebelum menyerahkan kepada pemerintah pusat, sore ini pihaknya akan kembali membahasnya dengan para ahli. Setelah itu, draft Kenormalan Baru ini akan disosialisasikan kepada DPRD Sumut.

“Tapi sore selesai dibahas, dan besok akan disosialisasikan kepada DPRD. Mudah-mudahan Juli mendatang sudah bisa diterapkan,” ujarnya.

Sejalan dengan pengiriman draft kepada pemerintah pusat, ia meminta kabupaten dan kota sudah melakukan sosialisasi di masyarakat terkait menyambut fase hidup ini.

Sosialisasi ini diharapkan, agar masyarakat bisa mengerti bahwa new normal ini bukan beraktivitas seperti biasa.

Masyarakat wajib harus mengikuti aturan dari pemerintah, yaitu menjalankan protokol kesehatan. Di mana, masker, mencuci tangan dan menjaga jarak antar sesama harus diterapkan.

“Mulai saat ini, kabupaten dan kota harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai new normal ini,” jelasnya. RED/TM

Berikan Komentar