Harga Mobil Bekas Turun

editor -5 views

MEDAN – Beberapa waktu belakangan mobil bekas mengalami penurunan harga.

Seiring dengan menurunnya harga mobil bekas, penjualan unitnya juga mengalami penurunan.

Hal ini diamini seorang karyawan showroom mobil bekas di Jalan Ringroad Endicha Mobil, Agus Salim.

Ia mengatakan penurunan harga mobil bekas ini sudah terjadi sejak Maret 2020.

Penyusutannya bisa terjadi sekitar lima persen tergantung tahun dan merek mobilnya.

“Kondisinya sekarang daya beli konsumen kurang. Selain itu sudah tiga bulan ini proses kredit mobil susah. Leasing tidak mau memproses kredit, jika bisapun dengan uang muka hampir 50 persen mending beli cash kan,” ujarnya kepada media online, Sabtu (20/6/2020).

Ia mengatakan sulitnya memproses kredit di leasing ini juga membuat konsumen yang ingin mengganti unitnya tertunda. Namun kata Agus, pemilik mobil yang ingin menjual mobilnya ke showroom ini mengalami peningkatan.

“Kalau yang mau jual mobil ada peningkatannya sekitar 10 persenlah. Alasannya karena mereka khawatir harga mobil nantinya akan semakin turun, selain itu banyak juga yang mau menjual mobilnya karena enggak dipakai selama di rumah saja. Kebanyakan pengemudi driver taksi online juga minta over kredit,” katanya.

Ia mencontohkan saat ini Kijang Innova tahun 2013 dijual Rp 208 juta padahal saat Januari mobil ini masih dijual Rp 220 juta.

Selain itu Daihatsu Xenia tahun 2016 yang Januari masih bisa dijual sekitar Rp 135 juta namun kini hanya Rp 130 juta saja. (TM)

Berikan Komentar