Kas Pemko Medan Minim, Kegiatan Dibatasi

editor -2 views

MEDAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Ir. H. Wiriya Alrahman, M.M., mengingatkan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan memperhatikan kondisi keuangan Pemko Medan dan tidak memaksakan diri melaksanakan kegiatan yang tidak mendesak.

“Pimpinan OPD harus jeli dan memahami kegiatan mana yang mendesak harus dilaksanakan mana yang masih bisa ditunda,”katanya saat memimpin Rapat Pengarahan Atas Pelayanan Masyarakat dan Laporan Kondisi Keuangan Pemko Medan di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan, Kamis (18/6).

Sekda menambahkan pengeluaran terbesar saat ini adalah belanja rutin dan belanja wajib seperti biaya listrik, air, termasuk penanganan Covid-19 serta dana untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan pada bulan Desember mendatang.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan Tengku Sofyan, memaparkan kondisi pendapatan Pemko Medan saat ini mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Selama ini PBB dan Pajak Restoran merupakan primadona pendapatan Kota Medan sekarang mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19,” papar Sofyan.

Tidak hanya dari sektor pajak, namun juga sektor dari dana bagi hasil yang biasanya diterima dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga mengalami penurunan, padahal dari dana bagi hasil tersebut biasanya dialokasikan untuk memenuhi belanja pegawai.(hb/ril)

Berikan Komentar