Lecehkan Lagu Bernuansa Islami, YouTuber Medan Dituntut 7 Bulan

editor -20 views
Sidang secara Virtual digelar di PN Medan
Sidang secara Virtual digelar di PN Medan

Medan|MediatorPost: Lecehkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah SAW yang bernuansa islami, YouTuber Asal Medan Rahmat Hidayat alias Aleh (19), terdakwa kasus Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dituntut 7 bulan penjara di Ruang Cakra 5 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (1/10) sore.

“Meminta kepada majelis hakim agar menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Rahmat Hidayat alias Aleh warga Jalan Ileng Gang Nangka LK II Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan dengan pidana penjara selama 7 bulan,” kata JPU Yarma Sari SH dihadapan majelis hakim yang diketuai Hendra Sutardodo.

Dalam persidangan yang digelar secara virtual di ruang Cakra 5 PN Medan, JPU menilai terdakwa Rahmat terbukti bersalah melanggar Pasal 45A Ayat (2) Pasal 27 ayat (1)  UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan,” ujar JPU Yarma Sari.

Dalam nota tuntutan JPU dengan tegas menyebutkan, hal yang memberatkan terdakwa Rahmat karena telah meresahkan umat Islam.

“Sedangkan hal yang meringankan terdakwa Rahmat karena telah mengakui perbuatannya dan bersikap sopan selama persidangan dan telah meminta maaf kepada umat Islam,” ujar JPU Yarma.

Usai mendengarkan tuntutan dari JPU, majelis hakim yang diketuai Hendra Sutardodo menunda persidangan, Senin 05 Oktober 2020 mendatang yang beragendakan nota pembelaan (pledoi) terdakwa. (in)

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *