Libatkan Kejari, Pemko Medan Bentuk Tim Tunggakan Pajak Daerah

oleh -5 views
Pjs Walikota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho ST menyampaikan nota jawaban di Paripurna DPRD Medan
Pjs Walikota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho ST menyampaikan nota jawaban di Paripurna DPRD Medan

Medan|MediatorPost: Untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD)  di tengah pandemic Covid-19, Pemko Medan menerapkan strategi  ekstensifikasi dan intensifikasi terhadap pajak dan retribusi daerah.

Di antaranya, memanfaatkan pelayanan secara online terhadap Wajib Pajak (WP), dimana Surat Tagihan Pajak Daerah (STPD) WP bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi yang telah disediakan.

Kemudian dalam pengelolaan dan pembayaran pajak daerah, Pemko Medan melalui Badan Pengelola Pajak dan retribusi Daerah (BP2RD)  Kota Medan melakukan sistem online dan pemasangan tapping box atau alat monitoring transaksi usaha yang dipasang di mesin kasir untuk menghitung setiap transaksi yang terjadi.

Hal di atas disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho ST dalam Rapat Paripurna Nota Jawaban Wali Kota Medan Atas Pemandangan Umum DPRD Kota Medan RAPBD TA 2021, di gedung DPRD Medan, Senin (9/11).          

“Menghindari potensi kebocoran pajak restoran, usai pemasangan tapping box,  juga dilakukan antisipasi dengan pemasangan alat perekam data transaksi. Kemudian diikuti dengan pemeriksaan terhadap WP secara berkala untuk menguji kepatuhan WP  dalam hal pelaporan STPD dengan melaporkan laporan hasil penjualan,” kata Pjs Wali Kota.

Di samping itu Pjs Wali Kota menambahkan, Pemko Medan akan mempertimbangkan saran agar pengusaha yang tidak memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak agar dipasang spanduk bertuliskan, “Perusahaan Ini Belum Membayar Pajak”.

Di sisi lain ungkapnya, Pemko Medan juga akan membentuk Tim Tunggakan Pajak Daerah dan melakukan kerjasama dengan pihak Kejari Medan dengan mengeluarkan Surat Kuasa Khusus (SKK) Menagih Tunggakan. (dra)

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *