Makarioz Institute Gelar Webinar Nasional “Sukses Menulis Buku”

editor -23 views

MEDAN – Makarioz Institute Research and Publication menggelar webinar nasional berupa workshop “Sukses Menulis Buku”, yang digelar Sabtu (27/6/2020) pukul 14.00 sd 17.00 WIB. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Fajrillah SKom MSi MKom, dosen dan juga Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat di STIE IBBI Medan, dan juga seorang peneliti.

Webinar yang dipandu moderator Amril Anas dari Makarioz Intitute Research and Publication yang juga Ketua STIE LMII berjalan dengan baik dan interaktif.Fajrillah mampu menyampaikan kisi-kisi yang mampu menginspirasi dan memotivasi peserta untuk aktif menulis.Menurutnya jika beberapa kali dicoba dan gagal, itu hal biasa, makanya harus dicoba lagi.

Fajrillah SKom MSi MKom

“Jika Anda merasa bukan siapa-siapa, maka menulislah. Saya menganjurkan Anda untuk menulis, coba terus, dan jika beberapa kali kurang berhasil, maka menulis lagi. Menulis adalah hal unik dan menarik, semua orang bisa melakukannya, dimana pun, kapan pun. Menulis itu tidak tergantung bakatnya seseorang. Bakat hanya memberi sentuhan 1 % saja, selebihnya yang 99 % lagi adalah cucuran keringat alias ketekunan berlatih dan disiplin.Ingatlah ilmuwan fisika pernah berkata, imajinasi lebih tinggi dari pada ilmu pengetahuan. Buku ratusan halaman dimulai dari satu halaman, buku ribuan kata dimulai dari satu kata, buku jutaan huruf dimulai dari satu huruf. Selesaikan satu itu, maka puluhan buku akan kita tuntaskan. Satu hal yang harus kita sadari adalah, semua karya itu bermula dari satu huruf pertama”,ujar Fajrillah.

Usai webinar, sejumlah peserta memberikan komentar. Lanna Reni Gustianty SP MP, dosen Universitas Asahan (UNA) Kisaran, mengatakan materinya sangat menarik. “Terus terang saya semangat, izin di-share penerbit yang disampaikan tadi bisa bisa pak, nanti kalau saya rampung menulis biar bisa kontak”,ujarnya bersemangat.

Sementara peserta lainnya, Eti Jumiati SE MM dari STAI Al-Muhajirin, mengatakan pembicaranya luar biasa karena pengalaman banyak menulis buku. “Panitianya dari Makarioz Institut Research and Publication bagus juga, sangat responsif dan terima kasih juga, mudah-mudahan motivasi ini memacu saya untuk berkarya menghasilkan buku”,jelasnya.

Amril Anas

Sitti Hajrah Mansyur dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar (Kota Daeng), mengatakan terimakasih karena panitia telah mengadakan Workshop “Sukses Menulis Buku” tersebut. “Terima kasih pemateri yang telah sharing ilmu dan pengalaman dalam membuat buku ajar, buku referensi dan tipsnya supaya buku yang kita buat bisa mempunyai nilai jual, dan layak untuk di-publish. Ditunggu kelanjutan workshop penulisan berikutnya. Salam dari UMI Makassar”,paparnya

Rumiris Lumban Gaol MPd dari Universitas Katolik Santo Thomas pun tidak mau ketinggalan memberikan apresiasinya. Rumiris mengatakan pematerinya mantap, tepat sasaran sesuai dengan tema, dan mampu menjawab pertanyaan peserta.”Hostnya juga ok dan mantap, moderator enjoy dan mantul”,ungkapnya singkat.(RED/MBB)

Berikan Komentar