Makjang…! Pipa Pertamina Dibobol, Solarnya Disedot Joko

editor -60 views
Rumah Semi Permanen milik Joko digrebek Polres Pelabuhan Belawan
Rumah Semi Permanen milik Joko digrebek Polres Pelabuhan Belawan

Medan|MediatorPost: Warga Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan mendadak kaget bukan kepalang. Makjang…!, pulaknya Joko (35) yang selama ini diketahui berbisnis BBM digrebek Polisi dan didapati rumahnya digunakan untuk curi solar.

Modusnya, dari ruang tamu rumah Joko itu digali lubang hingga menjebol pipa pendistribusian Depo BBM milik Depo Pertamina Medan Labuhan ke gardu PLN di Paya Pasir, lalu dihubungkan ke pipa plastik, selanjutnya untuk menyedot Solar digunakan selang plastik.  

Informasi itu dihimpun dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) pengrebekan, hingga Jumat (25/5). Berawal saat Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan melakukan penggrebekan dan dari dalam rumah itu ditemukan selang tertanam di dalam rumah yang mencurigakan.

Selang plastik itu ditemukan, persisnya di ruang tamu yang terhubung dengan pipa yang tertanam di bawah lantai rumah berjenis tegel, yang akhirnya diketahui terhubung dengan pipa pendistribusian BBM dari Depo Pertamina ke Gardu PLN Paya Pasir.

Bahkan menurut sejumlah warga yang di sekitar lokasi kejadian, bahwa pelaku (Joko) kerap membawa sejumlah jerigen berisikan BBM dari dalam rumah dengan menggunakan sepeda motor.

Dan pernah beberapa kali sejumlah pria menjemput BBM dalam jerigen cukup banyak dari kediaman pria tersebut dengan menggunakan mobil pick up.

“Kami jadi tidak tahu kalau BBM yang dikeluarkan dari dalam rumah selama ini itu milik pertamina. Soalnya waktu diperiksa polisi, di ruang tamu rumah ada selang yang digunakan untuk mencuri minyak dari pipa Pertamina,” ujar salah seorang warga.

Dan dari lokasi itu juga terungkap,  bahwa dugaan pencurian BBM itu diketahui kepolisian, berawal ketika pelaku terlibat keributan serta melakukan penganiayaan terhadap salah seorang tetangganya.

Hingga kemudian, pelaku mengancam akan membakar rumah tetangganya tersebut. Tak terima, tetangga korban lalu membuat laporan pengaduan ke Polres Pelabuhan Belawan dan melaporkan pelaku.

Tak lama kemudian, petugas kepolisian kemudian mendatangi rumah pelaku, namun pria tersebut telah kabur. Saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan selang plastik yang sebagian tertanam di bawah lantai tegel, yang kemudian menimbulkan kecurigaan.

Terlebih lagi, jelas warga di sana, di sekitar pemukiman penduduk yang berdekatan dengan bantaran Sungai Deli itu terdapat pipa pendistribusian BBM dari Depo Pertamina Medan Labuhan ke Gardu PLN Paya Pasir, Medan Marelan.

Sehubungan dengan temuan itu, jelas warga itu lagi, selanjutnya sejumlah pekerja dari Pertamina kemudian melakukan penggalian dengan kedalaman kurang lebih 2 meter pada ruang tamu kediaman pelaku.

Kepala Lingkungan 1, Kelurahan Pekan Labuhan, Alrasyid, yang dikonfirmasi di lokasi kejadian membenarkan Joko yang diduga telah melakukan pencurian BBM dengan membobol pipa pendistribusian Pertamina untuk keperluan Gardu PLN Paya Pasir adalah warganya.

“Sedang dilakukan penggalian oleh pekerja Pertamina, penghuni rumah keburu kabur,” ujar Kepling 1, Pekan Labuhan itu.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP R Dayan ketika dikonfirmasi melalui panggilan telepon mengatakan belum mengetahui peristiwa tersebut. “Saya masih di Polda mengikuti rapat, jadi saya belum mengetahuinya, langsung aja ke Kasat ya,” ujarnya. (ind)

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *