Mensos: BST Jangan Dibelikan Rokok, Lipstik & Pulsa

editor -5 views

JAKARTA – Penggunaan Bantuan Sosial Tunai (BST) harus memanfaatkan bantuan tersebut untuk keperluan yang bermanfaat. Tidak dibelikan keperluan sekunder seperti rokok, lipstik ataupun pulsa HP.

Pesan itu disampaikan Menteri Sosial Juliari P Batubara. Menurut Menteri, saat ini, jajarannya mengintensifikasi distribusi bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak COVID-19 di bulan Juni 2020. Langkah ini untuk memastikan bansos tersalurkan sesuai periode waktu tiga bulan yaitu April, Mei, dan Juni 2020.

“Ya saya memang sudah perintahkan semua jajaran Eselon I dan Staf Khusus untuk turun lapangan. Kami turun ke berbagai daerah. Tujuannya untuk mengakselerasi dan memastikan distribusi bansos agar mencapai target yang sudah ditetapkan sampai akhir bulan Juni ini,” kata Juliari, dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/6/2020).

Sebelumnya, pada hari Jumat (19/6) kemarin, Juliari telah bergerak ke tiga daerah yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya.

Para pejabat Eselon I Kemensos juga bergerak ke sejumlah daerah dengan agenda sama yakni untuk mengakselerasi penyaluran BST.

Kemensos menargetkan, pekan ini penyaluran BST Tahap II akan selesai didistribusikan. Sehingga pada sisa pekan di bulan Juni ini, sudah bisa maksimal untuk penyaluran pada Tahap III, atau tahap terakhir. Begitu juga untuk penyaluran bansos sembako untuk wilayah Jabodetabek yang sudah memasuki Tahap V.

Juliari memerintahkan kepada direksi PT Pos agar meningkatkan dan memudahkan layanan kepada penerima manfaat. Caranya dengan menambah titik bayar, loket-loket, dan titik penyaluran, dengan pendekatan komunitas, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di era new normal ini. Juliari pun meminta PT Pos membuka loket di kantor desa, kantor kelurahan, sekolah, atau lokasi yang mudah diakses KPM.

Juliari menambahkan, mengutip pesan dari Presiden, KPM juga dipesan agar dimanfaatkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Jangan dibelikan rokok, lipstik, pulsa, dan lainnya. Selama proses pengambilan bantuan harap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak supaya tidak tertular virus korona,” pungkasnya. (red)

Berikan Komentar