Pariswisata Danau Toba Optimis Bangkit

editor -11 views

MEDAN.Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo optimis ada angin baru pariwisata untuk Danau Toba setelah diterjang pandemi covid-19.

“Kedatangan wisatawan ke Sumut memang menurun, tapi saya optimis karena pembangunan infrastruktur terus berjalan, seperti pembangunan jalan tol Tebing Tinggi – Pematangsiantar yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020.” katanya saat mengikuti rapat dengar pendapat dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan anggota DPR RI secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jendral Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (29/6/2020).

Dia menambahkan pembangunan Danau Toba terus digalakan seperti pembangunan pelabuhan Ajibata, Tigaras dan Simanindo hingga pembangunan jalan lingkar Samosir akan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi berjanji memfasilitasi kemudahan bagi para industri pariwisata

“Hingga saat ini saya terus berpikir bagaimana agar pelaku pariwisata tidak collapse (terpuruk). Untuk itu terus dilakukan berbagai upaya koordinasi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota dan stakeholder terkait.” ujar Gubernur.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diwakili oleh Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Kurleni Ukar menyampaikan ada pemberian insentif bagi industri dan tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak Covid-19.

“Kemenparekraf memberikan dukungan bagi industri hotel, makan minum dan transportasi untuk menyediakan jasa bagi tenaga kesehatan dan Gugus Tugas Nasional di daerah paling terdampak Covid 19. Kemenparekraf juga aktif menyelenggarakan virtual event untuk meningkatkan kapasitas pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Kurleni.(HB)

 

Berikan Komentar