Pelayanan Adminduk, Disdukcapil Medan Luncurkan Aplikasi SIBISA dan ADM

oleh -24 views

Medan|MediatorPost: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, telah meluncurkan pelayanan Adminsitrasi Kependudukan (Adminduk) lewat aplikasi SIBISA dan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Artinya, setelah regirstrasi pengurusan melalui aplikasi SIBISA, maka warga yang mengurus adminduk, baik KTP, KK dan lainnya, akan diberitahukan lewat aplikasi itu. Kemudian masyarakat, bisa langsung mengunjungi mesin ADM untuk mencetak adminduk yang diurus.

Hal itu dikatakan, Kepala Disdukcapil, Zulkarnaen pada kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) mengenai Peluang Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik, di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan Jl Kapten Maulana Lubis No 2, Medan, Selasa (10/11).

Zulkarnaen didampingi Kasi Kerjasama Disdukcapil Kota Medan Elviyanti Pohan mengatakan, Disdukcapil juga telah mengeluarkan aplikasi yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus adminduknya.

Aplikasi tersebut diberi nama SIBISA. Aplikasi (App) SIBISA merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengurus berbagai jenis pelayanan administrasi kependudukan dan juga dengan penggunaan aplikasi ini bisa menghindari para calo dan cukup cepat.

Lebih lanjut, Kadis Dukcapil Kota Medan mengungkapkan melalui aplikasi SIBISA, pelayanan adminduk ini dapat dilakukan melalui online.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus adminduk meskipun tidak langsung datang ke Kantor Disdukcapil di masa pandemi Covid 19 saat ini.

“Kita berharap dengan hadirnya aplikasi ini dapat memberikan fungsi pelayanan publik. Bahkan, saat ini  telah dapat diterapkan pencetakan sendiri dokumen kependudukan yang dimohonkan oleh masyarakat melalui mesin ADM yang disediakan,” ungkapnya lagi.  

Dia menjelaskan, mesin ADM berfungsi untuk mencetak dokumen kependudukan secara mandiri ini sudah bisa beroperasi dan digunakan oleh masyarakat.

Peresmian mesin itu, ditandai dengan uji coba pencetakan dokumen administrasi kependudukan masyarakat yang hadir. “Hari ini peresmian mesin ADM dengan percobaan percetakan beberapa dokumen masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk penggunaannya tergolong mudah, masyarakat hanya perlu mengajukan permohonan pengurusan dokumen yang diinginkan melalui web SIBISA.pemkomedan.co.id.

Setelah data yang diminta sudah dipenuhi, maka akan ada pemberitahuan bahwa dokumen sudah selesai dan siap dicetak, selanjutnya masyarakat dapat melakukan pencetakan mandiri ke mesin tersebut tanpa perlu melalui pegawai yang bertugas.

“Masyarakat melakukan pemohonan pendaftaran penduduk secara daring, kemudian nanti diinformasikan bahwa permohonan dokumen kependudukan sudah selesai. Nah kalau sudah selesai dia bisa nanti pergi ke mesin cetak dan dia nanti bisa mencetak secara mandiri dokumen kependudukan nya yang dimohonkan,” ucapnya

ADM dapat melayani pencetakan hampir seluruh dokumen administrasi kependudukan mulai dari e-KTP, akta Kelahiran, akta kematian, kartu keluarga (KK) dan kartu identitas anak (KIA).

Ia menuturkan mesin ADM ini menjadikan masayarakat lebih maksimal mendapatkan pelayanan secara daring atau online.

Sementara pembanding dalam FGD itu, Laksamana Putra Siregar dari Dinas Kominfo Medan mengatakan Inovasi Pelayanan Publik berbasis Elektronik harus diterapkan sesuai dengan teknologi yang berkembang.

Selain itu juga guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang terbaik. Konsep yang harus diperhatikan yakni jika suatu inovasi ditemukan makan harus dikembangkan agar inovasi tersebut bermanfaat.

Hadir pada pembanding pada FGD ini salah satu dosen dari Ilmu Komputer USU Syahril Effendi. FGD diikuti OPD terkait dan Kecamatan se-Kota Medan. Kemudian ditutup dengan dialog interaktif. (dra)

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *