Peringati Harlah ke-51, IPK se-Sumut Serempak Gelar Bhaksos

editor -218 views

MEDAN|MediatorPost: Jika selama ini peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) atau Hari Kelahiran (Harlah) suatu organisasi lazimnya diselenggarakan dengan menggelar acara seremonial dan serempak dilaksanakan oleh masing-masing jajaran di organisasi tersebut. Namun kali ini, Ikatan Pemuda Karya (IPK)  di Sumatera Utara tampil beda.

Bahkan untuk Peringatan HUT IPK ke-51, yang jatuh pada 28 Agustus 2020, berbagai pengurus organisasi besutan Kakanda Olo Panggabean (alm) di Sumatera Utara itu, serempak menggelar Bhakti Sosial (Bhaksos). Dilaksanakan mulai dari tingkatan Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya Sumatera Utara (DPD IPK Sumut), DPD IPK Kabupaten/Kota, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) hingga Pimpinan Anak Cabang (PAC).

Adapun berbagai kegiatan bhaksos itu, yakni, gotong royong, bagi-bagi sembako dan pemanjatan doa. Kemudian kegiatan penguatan-penguatan untuk kejayaan dan kekompakan organisasi. Hal itu semua, dilaksanakan secara serempak di masing-maisng jajaran IPK se-Sumatera Utara, di antaranya, DPD IPK Sumut menggelar bhaksos dengan menyelenggarakan kegiatan bagi-bagi sembako.

Selain dilakukan di tengah-tengah masyarakat, juga pemberian bingkisan sebagai pertanda memperingati HUT organisasi kepemudaan yang lahir dan terbilang paling besar di Sumatera Utara itu, menyasarkan ‘buahtangannya’ ke berbagai Panti Asuahan.

Kegiatan bhaksos itupun bukan terbilang hanya ide dadakan dari para pengurusnya, namun ternyata merupakan amanah dari pendiri IPK itu sendiri. “Kegiatan ini kita lakukan bukan tanpa dasar-dasar organisasi. Ini adalah merupakan amanah dari pendiri. Semasa hidup Kakanda Olo Panggabean (alm) memberikan wejangan, agar pengurus IPK untuk selalu berbagi,” kata Ketua DPD IPK Bastian Panggabean, usai melaksanakan bagi-bagi sembako di Panti Asuhan Putra William Booth Medan.

DPD IPK Sumut bersama Anak Panti Asuhan merayakan HUT ke 51

Begitu juga kegiatan serupa dilakukan di tingkat DPD IPK Kota Tanjung Balai, selain bagi-bagi masker, dimana para pengurus di tingkat Kota Kerang itu terlihat turun ke jalan menghampiri pengendara untuk memberikan bingkisan Alat Pengaman Diri (APD).

Juga kegiatan yang menjadi petuah sang pendiri IPK yaitu untuk saling berbagai,  tak luput dari bagian kegiatan bhaksos. Mereka, fungsionaris DPD IPK Kota Tanjungn Balai melaksanakan kegiatan pemberian bantuan ke berbagai Panti Asuhan di kota yang  memiliki pelabuhan tertua di Sumatera Utara tersebut.

DPD IPK Tanjung Balai Besama anak Panti Asuhan

Sama halnya, terhadap kegiatan yang dilakukan DPD IPK Kabupaten Asahan, selain tak meluputkan amanah atau pesan pendiri organisasi, adalah untuk saling berbagi. Dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT itu pun, pengurus jajaran organisasi di Kabupaten Induk Pemekaran Batubara itu memberikan bingkisan ke Panti Asuhan.

Tak itu saja, DPD IPK Kabupaten Asahan juga melakukan kegiatan bahksos yang kemanfaatannya dapat langsung dirasakan masyarakat, adalah dengan memperbaiki jalan persisnya menambal badan jalan yang berlubang. Menariknya, pada kegiatan itu pun terlihat mobil Pick Up bermotif loreng IPK diturunkan untuk membawa bahan material.

DPD IPK Asahan bersama Anak Panti Asuhan

Kemeriahan HUT IPK ke 51 itu nuansanya juga terasa sampai ke kabupaten paling ujung Sumatera Utara, persisnya yang berbatasan dengan Provinsi Aceh. Di sana, DPD IPK Phak Phak Bharat menurunkan armada, berupa Pick UP jenis hartop bermotif loreng khas  IPK guna mengangkut material untuk perbaikan ruas jalan yang berlubang.

Meski perbaikan ruas jalan di lokas badan jalan yang dominan berbukit itu, namun tampak tak menyurutkan semangat pengurus DPD IPK Phak Phak Bharat untuk membantu pemerintah dalam pembangunan, serta membantu kemudahan masyarakat pengguna jalan di lingkungan mereka.

DPD IPK Phak Phak Bharat lakukan Bhaksos Perbaikan Ruas Jalan

Sedangkan di Kabupaten Dairi, kemeriahan HUT IPK ke 51, terasa sampai ke tingkat PAC dan desa.  Bahkan untuk momentum harlah itu, Ketua DPD IPK Dairi Jalan Nusantara Sidikalang memilih mengumpulkan seluruh ketua  tingkat PAC agar segera melakukan pelantikan ke pengurusan guna memperkokoh dan pengembangan organisasi.

“PAC segera melantik pengurus tingkat desa/ ranting. Tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan. Mari bersinergi, menciptakan dan bangun kekuatan IPK hingga ke desa,” katanya dalam momentum kegiatan syukuran HUT IPK ke 51 itu.

DPD IPK Dairi Gelar Syukuran HUT ke 51

Untuk DPD IPK Labuhanbatu Selatan (Labusel), kegiatan bhaksos dilakukan bersifat membantu anak dididik yang notabene sebagai generasi penerus bangsa, dimana saat ini mengalami kendala belajar mengajar lewat program Dalam Jaringan (Daring).

Guna menyahuti kegelisahan anak didik dan orangtua dalam mengikuti proses belajar itu. Maka momentum peringati HUT IPK ke 51 tersebut, DPD IPK Labusel memilih kegiatan menyediakan tempat belajar daring dengan membangun tempat belajar serta menyiapkan ketersediaan jaringan bagi anak didik sehingga memudahkan akses untuk belajar lewat daring.

DPD IPK Labusel menyiapkan sarana belajar daring

Sementara nuansa Harlah IPK ke 51 untuk Kabupaten Serdang Bedagai terasa langsung kemanfaatannya di tengah-tengah masyarakat umum. Di sana, DPD IPK Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradab memilih kegiatan bhaksos, yakni saling berbagi. Sedikitnya 3 ton beras dibagi-bagi ke tengah-tengah masyarakat.

Kemudian DPD IPK Serdang Bedagai juga membagikan sembako kepada pesantren-pesantren yang ada di teritorial kabupaten hasil pemekaran Deliserdang tersebut. Terlihat pengurus organisasi di Sergai itu menyambangi beberapa pesantren di antaranya, ponpes Zakiyun Nazah untuk memberikan bantuan berupa beras.

DPD IPK Serdang Bedagai Memberikan Bantuan Beras ke Ponpes

Sementara itu, untuk DPD IPK  Kabupaten Karo momentum harlah dimeriahkan dengan menggelar kegiatan donor darah, yang mana kegiatan bertujuan untuk kasehatan keselamatan terhadap jiwa para pasien itu, dilaksanakan di Jambur Pemerintah Kabupaten Karo, jalan Jamin Ginting Kabanjahe.

Dalam sambutannya, Ketua DPD IPK Kabupaten Karo Gembira Ginting mengatakan, kegiatan donor darah ini direncanakan untuk jadi program rutin yang diadakan oleh DPD IPK Karo bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) dalam setiap tahunnya pada tanggal 28 Agustus.

“Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial IPK kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan. aksi ini juga sebagai sumbangsih kader IPK terhadap PMI, karena setetes darah berguna bagi banyak orang, dan sebagai bentuk nilai ibadah kita”pungkas Gembira.

Peringatan HUT IPK ke 51 Wakil Bupati Karo Suap Ketua DPD IPK Karo

Bagi DPD IPK Kota Medan, HUT ke 51 menjadi momentum bersejarah untuk mengenang jasa pendiri organisasi, sehingga para pengurus organisasi di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara itu memilih berziara ke makam pendiri IPK Kakanda Olo Panggabean (Alm).

Bukan cuma mengenang jasa pendiri saja, namun DPD IPK Kota Medan juga menjalankan petuah pendiri organisasi kepemudaan itu, yakni saling berbagi. Bahkan dibarengi bhaksos dengan mengerahkan PAC untuk turun bergotong royong di tengah-tengah masyarakat.

DPD IPK Kota Medan Ziarah ke Makam Kakanda Olo Panggabean (Alm)

Sedangkan di lingkungan DPD IPK Sibolga, memilih perayaan peringatan HUT, yakni dengan merealisasikan amanah pendiri. Sedikit menariknya, saling berbagi  yang dilakukan pengurus IPK di Kabupaten berbatasan langsung dengan Samudera Hindia itu langsung kepada sasaran yang sangat membutuhkan, yaitu kepada anak yatim dan piatu serta orang tak mampu.

Pengurus DPD IPK Sibolga mengumpulkan orang tak mampu, selain untuk bersama-sama menggelar syukuran HUT ke 51, juga para anak yatim itu disantuni berupa sembako dan dana untuk membantu meringankan beban kebutuhan yang terbilang sulit di masa pandemic Covid-19 itu.

DPD IPK Sibolga Santuni Anak Yatim

Tak ketinggalan untuk IPK tingkat ranting,  perayaan HUT ke 51 itu pun menjadi momentum yang tak luput dari perhatian para pengurus. Bahkan para pengurus di tingkat paling ujung tombak dalam struktur organisasi tersebut juga menjalankan amanah dari sang pendiri.

Seperti pengurus Ranting IPK Sitirejo II Medan Amplas, kegiatan bhaksos adalah untuk saling berbagi dilakukan dari pintu ke pintu (dor to dor) antar Masjid. Salahsatunya bantuan sembagko diberikan kepada BKM Masjid Al Musyawarah Kelurahan Siterjo II Medan Amplas. (Catatan Endra)

Ranting IPK Sitirejo Medan Amplas menyumbangkan botol minuman isi ulang ke BKM Masjid Al Musyawarah
Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *