Persidangan Online Tidak Abaikan Hak Pencari Keadilan

editor -2 views

MEDAN – Terbatas ruang sidang yang menggunakan fasilitas vidioconference bukan berarti mengurangi pelayanan dari pencari keadilan dalam persidangan.

Sebagaimana dikatakan Humas PN Medan, Tengku Oyong kepada wartawan, Kamis (25/06/20), menyebutkan keterbatasan ruang sidang yang memakai sistem online disiasati memakai Video Call Via Whatsapp.

“Saat ini ada lima ruangan yang menggunakan sistem online untuk kelancaran persidangan, maka dari hasil kesepakatan pihak kejaksaan, pengadilan dan rutan sepakat kita gunakan sarana yang lain (Handphone-red),” kata Oyong.

Tengku Oyong yang juga menjabat hakim mengatakan, PN Medan terus berupaya agar tidak terjadinya kendala dalam proses persidangan.

“Paling tidak kita mengupayakan supaya tidak ada terkendala ya, supaya hak-hak para pencari keadilan tidak terabaikanlah kita upayakan supaya bisa, walaupun mungkin sarana dan prasarana belum melengkapi,” imbuhnya.

Amatan wartawan, pada proses persidangan yang berlangsung terbuka untuk umum kerap terjadi persidangan melalui Handphone, sehingga awak media maupun pengunjung sidang tidak dapat mencernai secara langsung apa saja fakta-fakta persidangan yang terungkap. Dan belum lagi adanya gangguan sinyal sehingga beberapa kali proses persidangan terganggu menunggu sinyal terhubung kembali.(aac)

Berikan Komentar