Piala Dunia 2021, Napaktilas Timnas Indonesia 42 Tahun Silam dan Gemblengan di Kroasia

editor -56 views
Soetjipto Soentoro juru taktik Garuda di Piala Dunia 1979 (Dok.PSSI).
Soetjipto Soentoro juru taktik Garuda di Piala Dunia 1979 (Dok.PSSI).

Medan|MediatorPost: Timnas Indonesia U-19  yang dijuluki Skuad Garuda Muda, kini sedang digembleng atau dilakukan pemusatan latihan di Kroasia, tentu dalam persiapan jelang  laga tanding di ajang Piala Dunia U-20, yang  perhelatannya pada 2021 mendatang.

Laga terakhir Skuad Garuda Muda, di Stadion NK Junak Sinj, Split, Minggu (11/10), Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 4-1. Gol-gol Garuda Muda dicetak oleh Witan Sulaeman, Jack Brown (dua gol), dan Irfan Jauhari.

Seperti apa…? Timnas Indonesia U-19 saat ini yang lolos otomatis karena berstatus tuan rumah, dibandingkan dengan pendahulunya. Berikut menapaktilas, tim berjuluk Skuad Garuda Muda sejak menjadi kontestan Piala Dunia, tepatnya 42 tahun silam.

Tahun 1979 tercatat dalam sejarah sepak bola nasional, sebagai keikutsertaan pertama Indonesia di Piala Dunia U-20 1979 di Jepang. Untuk mendapatkan tiket, Timnas Indonesia  harus ‘ngerumput alot’ atau  bertungkuslumus. Seperti dilansir dari Buku JasMera “Sisi Lain Sejarah Sepak Bola Nasional”.

Ketika itu, tim kebanggaan Indonesia diperkuat seperti, Bambang Nurdiansyah (Banur), Subangkit, Mundari Karya, Didik Darmadi dan sejumlah pemain muda potensial lainnya harus berjuang ekstra untuk mendapatkan tempat di ajang Piala Dunia itu.

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *