PKKMB USU, Nadiem: Pandemi Menuntut Inovasi Proses Pembelajaran

editor -5 views
Rektor USU memberikan sambutan pembukaan pengenalan mahasiswwa baru melalui virtual
Rektor USU memberikan sambutan pembukaan pengenalan mahasiswwa baru melalui virtual

Medan|MediatorPost: Secara Daring (Dalam Jaringan), Universitas Sumatra Utara (USU) menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru atau (PKKMB) tahun ajaran 2020/2021 akan digelar 2 hari, dimulai 28 hingga 29 September 2020.

Adapun pelaksanaan kegiatan itu dimulai dari pukul 07.00-16.00 WIB, dengan mengambil tema Pendidikan Generasi Millenial Menghadapi New Normal.

Kegiatan pembukaan PKKMB USU juga dilakukan terhubung dengan live streaming youtube yang diikuti oleh sebanyak 11.500 peserta.

Dalam acara live streaming tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim turut memberikan sambutan untuk mahasiswa-mahasiswi baru. “Ancaman covid-19 bukanlah menjadi penghalang berlangsung nya proses pendidikan,” tutur Nadiem. Senin (28/09/2020).

Nadiem berharap, pandemi covid-19 jadi pemicu bagi semua pihak untuk bisa melakukan inovasi dalam proses pendidikan khusus nya di jenjang pendidikan tinggi.

“Menjadi mahasiswa artinya telah memasuki fase selanjutnya dalam hidup. Menempah diri menjadi manusia yang memiliki karakter dan jati diri,” ulasnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa Ancaman covid-19 yang belum juga mereda memberikan banyak hikmah. “Sehingga proses pembelajaran kita juga menuntut adanya inovasi dan kreasi dari berbagai pihak,” urai Nadiem.

Sebelumnya, Rektor Universitas Sumatra Utara Runtung Sitepu dalam sambutannya menjelaskan, ada sebanyak 10.110 mahasiswa baru yang diterima dari 4 jalur penerimaan, Yakni SNMPTN, SBMPTN, SMM dan SMPD untuk program Diploma.

“Kami bersyukur, meskipun acara pengenalan mahasiswa baru tahun ini sangat berbeda, yakni dilakukan secara daring. Namun kami sangat bahagia bisa menyambut kalian para mahasiswa baru, semoga kebahagiaan ini juga dapat kalian rasakan. Selamat bergabung di USU,” tegas Runtung.

Runtung menjelaskan, bahwa tema yang diangkat dalam PKKMB tahun ini adalah Pendidikan Generasi Millenial Menghadapi New Normal. “Diharapkan melalui tema ini kita dapat menjadikan masa pandemi covid-19 ini sebagai suatu hikmah yang berharga untuk menyambut kehidupan yang lebih baik ke depan,” katanya.

Setelah pembukaan itu, informasi diperoleh,  dilanjutkan dengan pengenalan kehidupan kampus yang dilaksanakan oleh masing-masing fakultas yang akan berlangsung selama 2 hari berturut-turut, terhitung mulai tanggal 28-29 September 2020. (nanda).

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *