Tak Mau Kalah dari Kawasaki, Yamaha Siapkan Varian Motor Turbo

editor -1 views

MediatorPost | JAKARTA – Yamaha dikabarkan tengah menyiapkan teknologi turbo pada line up motor mereka. Ini menjadi kabar yang cukup mengejutkan bagi pencinta motor asal Jepang tersebut.

Bagi yang belum tahu, prinsip kerja turbo adalah memasukkan udara tambahan ke ruang pembakaran. Udara tambahan tersebut didapatkan melalui bilah turbin yang digerakan oleh gas buang kendaraan.

Dengan adanya udara yang melimpah, maka pembakaran semakin efisien. Pembakaran yang efisien akan berdampak pada tenaga mesin yang melonjak, namun di sisi lain konsumsi bahan bakar tetap irit, juga rendah emisi.

Menyelipkan turbo pada motor produksi sesungguhnya bukan hal baru buat Yamaha. Di tahun 1980-an Yamaha sempat merilis XJ640 yang punya teknologi tersebut.

Namun dengan selisih waktu lebih dari 30 tahun, sistem turbo yang akan ditawarkan pabrikan Jepang ini bakal berbeda dengan yang pernah ada.

Turbocharger terbaru Yamaha disebut memiliki metode induksi paksa yang memanfaatkan gas buang mesin dalam muatan bertekanan ke dalam ruang bakar.

Ketika gas buang melewati knalpot, ia memutar turbin dengan kecepatan sangat tinggi – bisa menembus hingga 160.000 rpm. Turbin ini menghidupkan kompresor yang mengisap udara dan mengompresnya sebelum memasuki ruang pembakaran.

Sistem turbo Yamaha ini dikatakan bakal ada peningkatan tekanan pada bahan bakar dan oksigen yang bakal didorong ke dalam mesin, sehingga bisa meningkatkan daya dorong. Sistem kerja Turbo Yamaha ini dikatakan mirip dengan supercharger pada Kawasaki H2 yang awalnya diperkenalkan sebagai turbo supercharger.

Yamaha memang mengajukan paten untuk sepeda turbocharger tiga tahun lalu. Wastegate (katup untuk mengarahkan gas menjauh dari turbin untuk mengatur kecepatannya dan melindungi mesin) adalah tipe internal, yang dipasang di rumah turbo.

Dikatakan Yamaha memiliki beberapa ide untuk menyelipkan sistem turbonya, satu menyelipkan turbo di dalam knalpot atau didekatkan ke header knalpot. Ide lainnya adalah mengaplikasikan pada sisi mesin layaknya pada mobil modern.

Untuk bisa mengakali panas turbo, dikatakan Yamaha akan menyelipkan intercooler agar bisa lebih dingin saat digunakan.(dtc)

Berikan Komentar