Taklukkan Hajduk Split, Wow… Malaysia ‘Ciut’ Tengok Timnas U19

oleh -5 views
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan

Jakarta| Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut Malaysia mulai takut kepada Tim Nasional (Timnas) U19. Dasar ketakutan itu berasal atas performa brilian yang ditunjukkan skuad Timnas Indonesia U-19 racikan Shin Tae-yong saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Prestasi tim asuhan Shin Tae-yong yang ‘menggila’ adalah dengan mengalahkan Makedonia Utara 4-1 dan Hajduk Split 4-0. Dimana, Makedonia Utara merupakan asal negara Goran Pandev yang membantu Inter Milan meraih treble winner pada 2010.

Sedangkan Hajduk Split, merupakan salah satu klub teras di Kroasia. Bahkan sebelum menghadapi Indonesia, Hajduk Split tidak terkalahkan dalam sembilan laga beruntun. Namun ‘digiling’ Skuad Garuda Nusantara, dengan skors 4-0.

“Malaysia yang jadi rival kita mulai ‘waduh’ melihat timnas U-19 kita yang mampu mengalahkan tim kuat Liga Kroasia yang belum pernah kalah sembilan laga dengan skor 4-0,” kata Iriawan saat menghadiri webinar yang diadakan Kemenpora, kemarin.

Iriawan menuturkan , dari akhir Agustus hingga Oktober 2020, skuad Garuda Nusantara menjalani pemusatan latihan di Negeri Vatreni, Kroasia. Di sana, David Maulana dan kawan-kawan tak hanya berlatih, namun juga menggelar laga uji coba.

Dalam dua laga awal, hasil buruk memang dialami Timnas Indonesia U-19. Akibat belum beradaptasi dengan cuaca, Braif Fatari serta kolega dihajar Bulgaria 0-3 dan Kroasia (1-7).

Namun, memasuki pertandingan ketiga, kualitas tim asuhan Shin Tae-yong mulai terlihat. Terbukti, mereka menahan juara bertahan Piala Asia U-19, Arab Saudi, dengan skor 3-3.

Kemudian di laga keempat, Timnas Indonesia U-19 menang 2-1 atas semifinalis Piala Asia U-19 2018, Qatar. Total selama berada di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 melakoni 11 pertandingan.

Total dari 11 pertandingan, Amiruddin Bagas Kaffa dan kawan-kawan menang 5 kali, tiga imbang dan tiga kalah. Bahkan sejumlah kemenangan didapat Timnas Indonesia U-19 dengan skor menakjubkan.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani pemusatan latihan secara virtual yang diikuti 33 pemain. Latihan terus digeber mengingat target besar dibebankan Iriawan kepada Shin Tae-yong. Iriawan meminta Shin Tae-yong meloloskan Indonesia ke semifinal Piala Asia U-19 dan perempatfinal Piala Dunia U-20 2021. (rel/red).

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *