Tantangan Besar Sumut Wujudkan Venue Berkelas Internasional

editor -3 views
Ketua Pengprov Pobsi Sumut, Salomo TR Pardede.

MEDAN – Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI yang akan dilaksanakan di Sumatera Utara dan Aceh pada 2024 mendatang sudah pasti menjadi ajang multi event kebanggaan suatu daerah.
Sejak ditetapkan sebagai tuan rumah PON ke XXI bersama Aceh dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI Pusat di Jakarta pada 2018 lalu, Sumut langsung melakukan persiapan, utamanya menyediakan lahan untuk pembangunan sport center.
Saat ini, Pemprovsu melalui Dispora Sumut disibukkan rencana pembangunan sport center di atas lahan seluas 200 hektare di kawasan Desa Sena, Deli Serdang.
Terkait dengan pembangunan sport center tersebut, Ketua Umum Pengprov POBSI Sumut, Salomo TR Pardede, didampingi Ketua Harian Achmad Fadil Nasution mengatakan sangat mendukung langkah Pemprovsu untuk membebaskan lahan bagi pengadaan sport center tersebut.
Sebagai pengurus cabang olahraga dan sebagai warga Sumut, Salomo mengaku bangga apabila nanti berdiri sport center bertaraf internasional di Sumut.
“Sebagai warga Sumut kita pasti bangga memiliki stadion megah bertaraf internasional. Sebab itu yang kita rindukan selama ini. Sejujurnya kita sudah tertinggal jauh dari provinsi lain bahkan dari provinsi di Pulau Sumatera. Padahal Sumut merupakan provinsi terbesar ketiga di Indonesia,” kata Salomo, Sabtu (27/6/2020).
Sarana olahraga yang ada di Sumut saat ini kata Salomo sudah banyak usang. Untuk itu momentum tuan rumah PON adalah waktu yang tepat untuk meremajakan dan membangun venues olahraga yang baru.
Untuk itu Salomo meminta dukungan seluruh masyarakat Sumut agar proses persiapan pembangunan sport center nantinya bisa berjalan lancar.
“Kita berharap pada saat PON XXI/2024 Sumut sudah punya sarana olahraga yang refresentatif,” ujarnya.
Selain itu, sukses membidik prestasi saat menjadi tuan rumah merupakan misi besar pemerintah bersama Pengprov olahraga.
“Kita memandang, selain bersiap menjadi tuan rumah yang ramah dan bermartabat, tuntutan akan prestasi menjari prioritas tuan rumah bersama pengurus olahraga. Artinya, segala sesuatu yang menyangkut persiapan seluruh atlet dalam mewujudkan prestasi harus kita persiapkan sejak dari dini,” ucap Salomo. (red)

Berikan Komentar