Terminal Amplas Direvitalisasi, Mal dan Hotel akan Dibangun

oleh -10 views
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meletakkan batu pertama revitalisasi Terminal Amplas
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meletakkan batu pertama revitalisasi Terminal Amplas

Medan|MediatorPost: Pemerintah pusat laksanakan revitalisasi Terminal Tipe A Amplas, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Amplas  Kecamatan Medan Amplas, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Minggu (8/11/2020).  

Turut hadir Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko, dan Pangdam Bukit Barisan Mayjend TNI Irwansyah.

Dalam sambutannya, Menhub RI Budi Karya Sumadi mengatakan, terminal ini merupakan terminal penting. Ia juga menargetkan agar terminal ini dapat selesai dalam jangka waktu dua tahun.

“Amplas ini adalah terminal yang penting, karennya saya setuju dengan Pak Gubernur Sumut, kita majukan. Saya bahagia Terminal Amplas yang tadinya kurang layak, akhirnya, kini direvitalisasi. Kita bertekad Terminal Amplas ini dua tahun sudah bisa selesai,” ungkap Budi.

Budi menegaskan, pembangunan tidak boleh berhenti atau terabaikan. Dirinya juga menyetujui usulan dari Gubernur Sumut, agar pembangunan terminal selanjutnya akan dilakukan di Terminal Pinang Baris Medan.

“Saya bersyukur bisa ke Medan, yang potensinya luar biasa. Saya sebagai pembantu presiden, menyampaikan pesan beliau, bahwa pembangunan tidak boleh berhenti. Pak Gubernur juga tadi berbisik-bisik bagaimana agar Pinang Baris?. Dirjen telah melihat kalau fungsinya sama dengan Amplas. Dimana pergerakannya banyak, kita harus selesaikan dalam waktu 2 tahun,” ujarnya.

Sementara Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi ini menuturkan bahwa revitalisasi pembangunan Terminal Bus ini akan menargetkan anggaran sebesar Rp 45 miliar dengan target siap pada tahun 2024.

“Dalam anggaran 2019 kemudian sampai tahun 2024, kami akan merevitalisasi terminal Tipe A penumpang Amplas. Anggaran yang nanti akan dialokasikan untuk mendukung kegiatan ini sekitar Rp45 miliar dan akan kami selesaikan tiga tahun dan kami mohon arahan Menteri Perhubungan,” ujar Budi Setiyadi.

Tambahnya, Budi Setiyadi juga akan menargetkan pembangunan mal dan hotel yang nantinya akan dikelola oleh pihak swasta.

“Dua tahun bangunan induknya kita selesaikan. Tapi untuk bangunan tingginya kita bekerjasama dengan pemerintah badan usaha. Tanah yang jadi lahan terminal ini akan dikelola oleh pihak swasta nantinya. Di Sukabumi sudah kita rencanakan untuk di bangun hotel dan mal, kita juga harapkan akan segera juga dilaksanakan di kota Medan,” pungkas Budi Setiyadi.

Kegiatan peresmian revitalisasi Terminal Amplas itu, juga menyajikan video rancangan Terminal Bus Amplas. Dari video itu,  tampak desain rancangan dengan bangunan megah.

Tak itu saja, video tersebut menampilkan rancangan jalur masuk bus, kemudian tamu juga disuguhkan dengan rancangan pengendapan bus dengan area lahan parkir yang luas yang akan menampung bus-bus.

Kemudia dalam pemutaran video rancangan reivitalisasi terminal itu, juga menyajikan konsep lokasi keberangkatan bus secara khusus dan area lahan parkir pribadi. (dra)

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *