UMKM Harus Kolaborasi

editor -3 views

MEDAN – Kolaborasi merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) jika ingin berhasil di masa pandemi Covid-19 ini.

Langkah kolaborasi ini dilakukan Vanessa Harahap dalam memasarkan produk kuliner Teri Bajak.

Dalam kegiatan podsact di Ruang Kolaborasi, Jalan Cik Ditiro, Medan, Kamis (25/06/2020), produsen Teri Bajak Medan, Vanessa Harahap menuturkan pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi semua usaha. Terlebih, usaha oleh-oleh khas Medan yang digelutinya.

“Tentu ada pengaruhnya, apalagi segmen Teri Bajak oleh-oleh khas Medan. Banyak pengaruhnya menurunkan pendapatan. Apalagi pengiriman luar kota yang terhambat. Serta tidak ada wisatawan yang berkunjung,” ucap perempuan yang memulai usaha sejak 2013 ini, sembari mengungkap bahwa pelanggan juga berkurang karena “parno” Covid-19.

Untuk bertahan, berbagai inovasi dan kolaborasi pun dilakukannya. “Berpikir, apa yang bisa dilakukan. Mulai promo dan iklan yang tepat, harus memberikan yang terbaik buat buyer agar mau beli,” bebernya.

Vanessa juga menguatkan promosi online. Lantaran menurut dia, saat ini promosi offline tidak bagus untuk dipertahankan.

Langkah lainnya kemasan produk dibuat lebih menarik untuk menggugah pembeli.

“Kita juga sudah bekerja sama dengan komika Digidoy untuk membuatkan kemasan menarik. Berbagai kolaborasi lain juga sekarang kita nantikan, untuk meningkatkan penjualan,” tuturnya.

Setelah Bobby Nasution mereview langsung produk Teri Bajak, Vanessa pun meyakini gerakan #KolaborasiMedanBerkah akan sangat bermanfaat bagi UMKM.

“Kita pelaku UMKM merasa bisa diperhatikan. Kayak (seperti-red) kehidupan, UMKM butuh perhatian. Juga kasih sayang,” ungkapnya.

Selain perhatian, melalui kolaborasi, nantinya diharapkan Bobby Nasution bisa mencari langkah terbaik dalam mempermudah UMKM dalam berusaha.

“Seperti dalam pengurusan administrasi perizinan yang selama ini cukup sulit, menjadi bisa lebih mudah. Apa yang memang bisa dilakukan memudahkan para pelaku UMKM, ya do it (lakukan-red). Kita tunggu kedatangan Bang Bobby di Teri Bajak untuk review lagi, langsung di lokasi,” pungkasnya.BSK.

Berikan Komentar