UNS Solo Gelar Wisuda Drive Thru

editor -3 views

SOLO – Dalammenyiasati penyebaran Virus Corona, pimpinan kampus dituntut kreatif dalam melaksanakan acara wisuda. Beberapa kampus menggelar wisuda secara virtual lewat internet, sebagian lagi menunda acara wisuda tersebut menunggu kondisi yang lebih baik.

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo mulai menerapkan wisuda secara tatap muka di kampus. Wisuda tetap menggunakan protokol kesehatan dengan cara drive thru.Namun dalam wisuda tatap muka ini hanya diikuti oleh lulusan berpredikat cumlaude serta lulusan berprestasi. Ada 15 wisudawan terpilih yang berkesempatan hadir langsung di kampus.

Prosesi wisuda drive thru pun berlangsung dengan cara unik, yakni menggunakan transportasi ramah lingkungan. Wisudawan diantar menggunakan becak, andong, sepeda listrik dan mobil listrik.Di depan gedung rektorat, Rektor UNS sudah menanti para wisudawan. Mereka satu per satu turun dari kendaraan untuk melakukan prosesi penyampiran kucir toga.

Setelah 15 lulusan diwisuda, rektor beserta jajarannya menuju Auditorium GPH Haryo Mataram untuk melanjutkan prosesi wisuda kepada 314 lulusan lain. Kali ini, proses wisuda dilakukan secara daring.Dalam sambutannya, rektor mengajak para wisudawan agar selalu menyesuaikan diri dengan keadaan. Seperti dalam kondisi pandemi virus Corona (COVID-19) saat ini, wisudawan diminta tetap produktif namun selalu mencegah diri dari dampak negatif COVID-19.”Saya percaya dan yakin generasi muda seperti kalian mampu beradaptasi dengan keadaan apapun secara cepat,” kata Jamal kepada wisudawan, Sabtu (27/6/2020).

Kepada wartawan, rektor menyampaikan bahwa dirinya belum berani menggelar wisuda tatap muka secara besar-besaran. Seperti hari ini, dia membatasi 15 orang wisudawan dengan cara kreatif.”Kami tetap mengikuti anjuran physical distancing untuk wisuda secara luring (luar jaringan) ini. Jumlah memang sangat kita batasi, hari ini hanya 15 yang datang di kampus, selebihnya melalui daring,” kata Jamal dalam jumpa pers.

Sementara itu, Wakil Rektor UNS bidang Akademik Ahmad Yunus mengatakan total ada 329 orang yang diwisuda hari ini. Rinciannya, 8 wisudawan program doktor, 60 wisudawan program magister, 12 wisudawan dokter spesialis, 229 sarjana dan 20 wisudawan program diploma.”Dari jumlah tersebut ada 131 wisudawan dengan predikat cumlaude. Namun yang kami hadirkan ada 15 wisudawan yang berpredikat cumlaude ataupun berprestasi,” ujar dia.(DTC/MBB)

Berikan Komentar