Verifikasi Faktual Balon Perseorangan, Bawaslu Sibolga Berharap Warga Siap

editor -3 views

SIBOLGA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga berharap masyarakat bersiap menghadapi kedatangan petugas baik itu, petugas KPU maupun Bawaslu Sibolga.

Harapan itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Sibolga Zulkifli Sigalingging, Kamis (18/6/2020). Menurut, Zulkifli pihaknya siap mengawasi pelaksanaan verifikasi faktual terhadap bakal calon Walikota Sibolga dari jalur perseorangan yang akan dimulai 24 Juni mendatang.

Dijelaskan Zulkifli, pihaknya sudah menyiapkan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) untuk mengawasi pelaksanaan verifikasi faktual yang dilakukan KPU Sibolga selama 14 hari mulai dari tanggal 24 Juni 2020 nanti.

“Sesuai dengan aturan, dalam verifikasi faktual ini dukungan kepada balon perseorangan akan diverifikasi kembali, apakah betul mereka (masyarakat) memberikan dukungan kepada balon tersebut atau tidak. Nanti hasilnya akan diketahui melalui rapat pleno, apakah dukungan tersebut sudah terpenuhi atau tidak. Itu nanti teknisnya di KPU, tugas kami dari Bawaslu terkait sistem pengawasan verifikasi faktualnya,” kata Zulkifli seperti dilansir dari Antara.

Untuk itulah ia mengimbau masyarakat Sibolga agar dalam proses verifikasi faktual yang akan dilaksanakan bersiap menerima kehadiran petugas baik itu dari KPU dan juga dari Bawaslu.

“Sesuai data yang sampai kepada kami, dukungan bagi balon perseorangan menyebar di seluruh kelurahan yang di Kota Sibolga. Dan kami juga meminta kepada KPU setempat agar mensosialisasikan kepada warga terkait pelaksanaan verifikasi faktual ini supaya masyarakat bersiap,” imbuhnya.

Disinggung terkait kesiapan Bawaslu melakukan pengawasan di tengah pademi saat ini, Zulkifli mengakui, pihaknya sudah mengajukan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas Bawaslu.

Sebagaimana diketahui, untuk balon perseorangan yang sudah mengantarkan berkas syarat dukungan ke KPU Sibolga hanya satu pasangan, yaitu Ahmad Sulhan Sitompul dan Edward Siahaan (ASSED). (RED)

Berikan Komentar