Wagub Tinjau Kesiapan Taman Budaya Sumut yang Baru

editor -3 views

MEDAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) segera memindahkan Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) dari Jalan Perintis Kemerdekaan Medan ke kawasan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Jenderal Gatot Subroto. Kesiapan pemindahan itu ditinjau langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah, Jumat (26/6).

“Pemprov Sumut berencana untuk memindahkan UPT Taman Budaya yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan ke Pekan Raya Sumatera Utara. Tempatnya lebih baik, lebih luas dan lebih representatif untuk menampung karya dari para pegiat seni di Sumut,” ujar Wagub Musa Rajekshah, saat meninjau lokasi PRSU.

Bersama dengan Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu M Fitriyus, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ria Telaumbanua dan Kepala Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis, Wagub melihat langsung kondisi gedung dan ruangan yang bakal dijadikan TBSU.

Ijeck pun berharap, dengan pemindahan tersebut, UPT Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut dan BUMD Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) dapat saling bersinergi untuk mengisi dan meramaikan PRSU.

Untuk fasilitas pendukung, Wagub mengatakan, bahwa apa yang sudah ada di PRSU dapat digunakan para pegiat seni. “Venue untuk tempat pertunjukan outdoor maupun indoor saya rasa yang ada di PRSU lebih baik, bahkan untuk tempat latihan lebih luas di PRSU ini,” tambahnya.

Untuk proses pemindahanya Kepala UPT Taman Budaya Rachmat Hadi Saputra Harahap mengatakan akan dilakukan secara bertahap. “Kita persiapkan dulu gedung baru ini. Apa yang perlu diperbaiki kita perbaiki, barang-barang yang ada di sana akan kita pindahkan satu persatu ke sini,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) Baharuddin Saputra mengapresiasi dan mendukung rencana pemindahan TBSU oleh Pemprov Sumut.

“Secara umum kami para seniman adalah mitra Pemerintah Provinsi Sumut, sehingga mendukung apa yang akan dilakukan, sehingga perlu untuk dilakukan sedikit pembangunan, jangan sampai Taman Budaya kita kalah dengan daerah lain,” ujar Baharuddin.

 

Berikan Komentar