Wisatawan Tak Diizinkan Masuk Samosir

editor -5 views

SAMOSIR -Pemerintah Kabupaten Samosir tidak mengizinkan wisatawan luar masuk ke daerah tersebut.

Kendati penerapan new normal 1 Juli 2020 untuk pariwisata dibuka, namun wisatawan yang diterima hanya wisatawan lokal atau berdomisili di Kabupaten Samosir.

“Bukan berarti kita terapkan new normal lalu semua wisatawan boleh berkunjung ke Samosir. Kita akan evaluasi. Bila memungkinkan, selanjutnya kita akan buka untuk wisatawan lokal antar kota/kabupaten di Sumatera Utara. Dan, kita lakukan lagi evaluasi. Bila berjalan baik, memungkinkan bagi kita untuk menerima wisatawan nusantara bahkan wisatawan mancanegara. Makanya, kita akan terus lakukan evaluasi,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Dumosch kepada wartawan, Senin (22/6).

Demi keselamatan, Dinas Pariwisata Samosir meminta agar seluruh pelaku usaha pariwisata menaati SOP yang telah ditetapkan. “Untuk saat ini kita belum bisa menerima wisatawan dari luar daerah Samosir.

Untuk itu, seperti biasa, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Samosir tetap melakukan pengawasan di pintu-pintu masuk, baik darat maupun danau,” ucapnya.

Jika pelaksanaan new normal mulai matang, kata Dumosch Pandiangan, pihaknya akan memasang imbauan atau SOP new normal di tempat-tempat umum, seperti objek wisata, perhotelan dan lainnya.

Kadis Pariwisata minta pengelola wisata bantu pemerintah
Samosir Terapkan New Normal 1 Juli, Khusus Wisatawan Lokal SajaPihak Dinas Pariwisata sosialisasikan SOP new normal kepada pengusaha hotel, pengelola objek wisata dan lainnya.

Kadis Pariwisata juga menyarankan agar para pengusaha objek wisata, hotel dan restoran disiplin dalam menerapkan SOP yang telah disusun Pemkab Samosir.

Selain untuk pengelola, diatur juga SOP untuk tamu/pengunjung. Misalnya, untuk rumah makan dan restoran, pengunjung wajib memakai masker, wajib mencuci tangan sebelum masuk restoran/rumah makan.

Wajib juga, sambungnya, menjaga jarak minimal 1 meter dengan pengunjung lainnya saat mengantre masuk atau saat sudah berada di restoran/rumah makan.

Dijelaskan, ke depan, SOP ini akan tertuang dalam Peraturan Bupati Samosir, agar penerapan new normal ini memiliki payung hukum yang sah dan akan ada sanksi bagi pengusaha yang melanggar. (IDNT)

Berikan Komentar